Tips Mendaftar Google AdSense

Halo teman-teman Ymobile4, update kali ini saya ingin berbagi sebuah Tips yang terbilang gampang-gampang susah dan terkadang emang susah di tebak harus bagaimana dan harus jadi seperti apa, ini bukan soal wanita loh teman-teman, walaupun hampir sama ciri-cirinya tapi ini tentang Google AdSense. Konon banyak peraturan dari para leluhur kita yang membuat kita bingung seven keliling, ya namanya juga leluhur mereka sayangat menyayangi kita dimasa sekarang ini seperti anak kandung sendiri, jadi wajar saja kalau orang tua menasehati anaknya agar tidak salah jalan.
Kebetulan beberapa hari yang lalu saya mendapatkan sebuah email yang berisi persetujuan menjadi publisher google dari google AdSense, ini adalah persetujuan yang pertama kalinya setelah mengalami penolakan berkali-kali, namun saya tetap tegar dan terus menulis sampai akhirnya website Ymobile4 ini layak dan dapat di setujui oleh google 

Pengertian Google AdSense

Di kutip dari Wikipedia "Google AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik"
Selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem bayar per klik, Google AdSense juga menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) dan iklan arahan (Referral). Pada AdSense untuk pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian Google di halaman web mereka. Pemilik situs akan mendapatkan pemasukan dari Google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kotak pencarian tersebut, yang berlanjut dengan klik pada iklan yang disertakan pada hasil pencarian. Pada iklan arahan, pemilik situs akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google dengan pemasang iklan tersebut.

Google Adsense Approval

Tips Mendaftar Google AdSense 

Dengan penghetahuan dan pengalaman pribadi, akan saya coba menyampaikan beberapa tips untuk teman-teman Ymobile4 dengan sesederhana mungkin sehingga mudah untuk dipahami, tapi harus ingat, jangan hanya di baca saja tapi juga harus di terapkan, maka dari itu silahkan di simak dengan seksama.

Konten Original
Konten yang kamu sediakan haruslah berupa konten asli, bukan artikel hasil copy paste dan rewrite, selain merugikan si pembuat artikel perilaku copy paste juga sangat tidak disukai oleh google, jika si pemilik konten asli tidak menyukai hal tersebut bisa saja blog kamu dilaporkan ke pihak google dan DMCA. Selain itu usahakan konten yang kamu tulis unik dan relevan sehingga membuat pengunjung dapat dengan mudah memahami apa yang kamu tulis, bukan hanya sekedar basa-basi pembukaan dan penutupan, tapi juga harus memiliki makna dan tujuan yang jelas.
Selain tulisan, gambar juga termasuk dari sebuah konten, usahakan menggunakan gambar milik sendiri bukan gambar milik orang lain, ataupun mengambilnya dari google. Saat ini sudah banyak website yang menyediakan gambar yang bersifat Free license seperti pexel, unsplash, pixabay dan freeimages, kamu bisa menggunakan gambar dari website tersebut untuk melengkapi konten yang akan kamu buat, usahakan tidak terlalu banyak menggunakan gambar pada setiap artikel, cukup gunakan 1 sampai 3 gambar saja. 
Disamping tulisan dan gambar yang original usahakan menulis dengan penyajian yang berbeda, walaupun pembahasannya sama dengan blog diluar sana yang sudah ada sebelumnya.
Gunakan minimal 500 kata dari setiap artikel yang kamu buat, dan tetap jaga kualitas dari topik utama yang sedang kamu bahas, untuk hasil yang lebih maksimal gunakan 1.000 kata per-artikelnya dengan penuh makna bukan hanya sekedar basa basi belaka.

Bukan Konten Terlarang
Jangan pernah membuat sebuah artikel yang tidak diijinkan oleh google, hal ini sudah tertulis sangat jelas pada halaman Kebijakan program AdSense tentang Kebijakan konten, untuk lebih detailnya kamu bisa mengunjungi halaman Kebijakan konten tersebut untuk mengetahui apa saja konten yang tidak di ijinkan oleh google, karena saya sendiri tidak bisa menulis point-point tersebut disini.

Usia Blog
Jika usia blog kamu masih terlalu muda jangan terlalu cepat mengajukan diri sebagai publisher google, karena jika blog masih sangat muda memiliki konten dan jumlah pengunjung yang masih sedikit, Untuk blog masih berdomain blogspot usahakan usia blog yang kamu kelola sudah berumur 6 bulan atau lebih saat mendaftar, namun jika kamu sudah menggunakan domain TLD, kamu bisa mengajukan pada usia 3 bulan, dengan minimal jumlah artikel 30 untuk blogspot dan 20 artikel untuk blog yang sudah berdomain TLD.

Navigasi dan Pengalaman Pengguna
Navigasi yang saya maksud disini adalah halaman statis seperti About, Contact, Sitemap, Disclaimer, Privacy Policy dan Term Of Service. Dari semua halaman ini sebenarnya adalah syarat wajib dari google untuk bergabung sebagai publisher, untuk membuat halaman Contact dan Sitemap kamu bisa mempelajarinya dari artikel yang sudah saya sediakan yaitu Cara Membuat Sitemap dan Cara Membuat Contact Us, sementara itu untuk Disclaimer, Privacy Policy dan Term Of Service kamu bisa menggunakan sebuah website Disclaimer Generator untuk membuatnya,
Pengalaman Pengguna, selain halaman statis lengkapi juga blog dengan widget Popular Post, Lebel, dan Arsip. jangan menggunakan widget secara berlebihan yang tidak memberikan pengelaman untuk pengunjung seperti visitor counter, Recent Comment dan widget hiasan lainnya. 
Berhati hatilah membuat link atau URL pada setiap postingan, jangan sampai terdapat link yang error dari sebuah artikel maupun navigasi yang ada, usahakan jangan menghapus artikel yang sudah di publish dan di submit ke google webmaster, karena jika search engine menemukan link eror pada website kamu, maka website kamu sudah pasti akan di tolak karena tidak memberikan navigasi yang baik.

Template Responsive
Gunakanlah template yang nyaman tidak membuat mata terasa sakit saat pengunjung mengunjungi blog yang kamu kelola serta tidak terdapat widget yang saling timpang tindih antara widget satu dengan yang lainnya, kamu bisa menggunakan template bawaan blospot yang sudah di modifikasi maupun menggunakan template premuim, di luar sana terdapat banyak template free yang sudah responsive kamu juga boleh menggunakan template tersebut dengan catatan jangan menghapus credit si pembuat template. Sebagai contoh, saat mendaftar Google AdSense, saya beberapa kali menggunakan template yang berbeda karena sudah beberapa kali di tolak dengan alasam yang sama, namun pada waktu di terima saat itu saya menggunakan template Bung Frangki, padahal di penolakan sebelumya saya menggunakan template yang sama, hanya saja saya menambahkan artikel dan mengurangi widged recent post.
Yang terakhir periksa juga Struktur Data template yang kamu gunakan melalui website Structured Dat Testing Tool, jangan sampai terdapat Error dan Warning pada template tersebut. namun jika terdeteksi Error dan Warning segera perbaiki.
Ymobile.com
Contoh Template yang digunakan Ymobile.com Saat mendaftar Google Adsense

Ter-index oleh Google Search Engine
Hal yang paling menyenangkan ialah ketika blog sudah memiliki pengunjung organik, yaitu pengunjung yang datang dari Google Search Engine, bukan pengunjung yang sengaja kita undang dari media sosial facebook maupun twitter. Dengan demikian blog yang kita kelola sudah terindex oleh Mesin Pencarian Google, dan kita tidak perlu repot-repot tebar link kesana kemari untuk mencari pengunjung.
Setiap kali setelah membuat artikel submit link artikel kamu pada Google Search Console atau Google Webmaster agar artikel tersebut masuk dalam pencarin google, dengan begitu website kamu akan terindex di Mesin Pencarian Google, hal ini akan memakan waktu dari hitungan jam sampai hitungan hari agar artikel tersebut teridex oleh google.
Jika website kamu sudah terindex maka kamu akan menemukannya di Mesin Pencarian Google jika kamu mengetikan perintah site:namablog.com pada google, maka dari itu saya ingatkan kembali, jangan pernah menghapus artikel yang sudah di publish dan di submite di google webmaster.

Cara Mendaftar Google AdSense

  • Untuk mendaftar google AdSense syarat utama usia penulis haruslah berusia 18 tahun atau lebih, hal ini dimaksudkan agar sepenulis sudah memiliki kartu identitas diri.
  • Blog yang masih berdomain blogspot mendaftar hanya melalui dash board Blogger.
  • Sedangkan Blog yang menggunakan domain TLD dapat mendaftar melalui halaman ini.
  • Kamu cukup mengikuti langkah-langkah yang sudah disediakan, dan mengisi data formulir sesuai idenditas diri.
  • Setelah berhasil mendaftar kamu akan diberikan sebuah kode html java scrip untuk memverifikasi kepemilikan dari sebuah website, maka letakkan kode tersebut pada HTML template yang kamu gunakan
  • Selanjutkan silahkan tunggu 3-7 hari bahkan bisa sampai 1 bulan lamanya untuk mendapatkan email balasan.
  • Selama proses peninjauan berlangsung usahakan tetap mengupdate artikel sewajarnya, 1 hari 1 artikel atau 2 hari 1 artikel.

Hal Yang Harus Dilakukan Jika Permohonan Tidak Disetujui
Jika kamu membaca alasan penolakan yang di berikan oleh google terkadang memang sulit sekali untuk dipahami, namun didalam pesan tersebut terdapat poin-poin yang mewakili dari beberapa hal yang belum atau tidak sesuai dengan kebijakan mereka. Mulailah memperbaiki konten yang dirasa kurang menarik mulai dari judul, cara penyajian tulisan, paragraf bahkan Url yang kamu sisipkan, jangan sampai url tersebut terjadi halaman tidak ditemukan pada saat di kunjungi.
Jika kamu menggunakan gambar milik orang lain lebih baik ganti dengan gambar buatan kamu sendiri, walaupun hasilnya sederhana tetapi gambar original lebih disukai oleh google, 
Jika terdapat kata dan kalimat yang kurang pantas dalam artikel yang di publish, perbaiki dengan kalimat yang lebih sopan 
Dan yang paling penting tidak ada satupun artikel yang melanggar kebijakan Google, terlebih artikel hasil Copy Paste, jika sudah terlanjur terjadi perbaiki semua tulisan didalamnya dengan tulisan kamu sendiri, ini lebih baik ketimbang menghapus artikel yang sudah di submit

Pesan Dari Penulis
Secara pribadi saya sendiri berpendapat bahwa tujuan utama blogging saya adalah menulis, dimana saya bisa berbagi sebuah pengalaman pribadi dan pengetahuan yang saya miliki dalam bidang komputer dan blogger, maka dari itu saya putuskan untuk menulis, melalui sebuah media internet sehingga dapat diakses oleh semua orang dan dengan harapan pengalaman ini bisa bermanfaat bagi khalayak banyak terutama  generasi-generasi muda yang akan menjadi penerus kita nantinya, terkait dengan google AdSense, bagi saya merupakan sebuah bonus tambahan yang diberikan oleh google, maka dari itu fokuslah pada tujuan utama sebelumnya, jika kamu bertujuan menulis demi mendapatkan bayaran dari internet masih banyak kok cara lain selain google AdSense, selain itu di tolak oleh google akan membuat kamu merasa tidak bersemangat lagi dalam menulis jika kamu bertujuan demikian. Maka jangan pernah merasa putus asa ketika di tolak, teruslah berusaha menjadi lebih baik dalam memberikan konten yang bermanfaat bagi pengunjung.

Jangan pernah merasa plin-plan di tengah-tengah perjalanan, menulislah sesuai dengan hobi dan pengalaman yang kamu punya, bukan sekedar mengikuti trend atau berita viral, mudah atau sulitnya diterima oleh google itu semua tergantung dari kualitas konten yang kamu miliki, dan setiap orang memiliki keberuntungan yang berbeda-beda, tidak harus menggunakan Trik A atau Trik B, cukup mematuhi kebijakan google insya alloh kamu akan menjadi bagian dari Publisher Google. Saya admin Seven mengucapkan terimakasih atas kunjungannya dan teruslah berusaha menjadi penulis yang lebih baik. Thanks

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon