Perbedaan Virus, Malware, Spyware, Trojan, dan Worm

Advertisement
Serupa tapi tak sama mungkin itulah sebuah julukan yang pantas untuk hal yang satu ini Virus, Malware, Spyware, Trojan, dan Worm diciptakan untuk hal yang tidak baik, mereka bisa merusak ataupun mencuri data pengguna, walaupun terdapat perbedaan dari cara kerja dan definisinya, kebanyakan dari kita beranggapan bahwa mereka adalah sama.

Yup benar, dulu sayapun beranggapan demikian apapun itu jenisnya asalkan mereka jahat pasti di punish Virus padahal yang nyerang si Malware, yang pasti tidak ada hal yang menyenangkan  jika komputer kita sudah terserang salah satu dari ke 5 pasukan bersaudara tersebut. seperti kata pepatah sedia payung sebelum hujan, begitu juga dengan yang satu ini, sedia anti virus sebelum terinfeksi , berbeda dengan jaman Old yang setiap antivirus hanya bisa menangani sebagian dari ke 5 pasukan tersebut, Anti virus jaman Now lebih Smart mengenali dan menangani ke 5 pasukan bersaudara tersebut , jadi ga perlu pasang antivirus banyak yang bisa membuat komputer kamu ngos-ngosan karna kehabisan RAM, untuk sahabat setia Ymobile4 yang penasaran apasih Perbedaan Virus, Malware, Spyware, Trojan, dan Worm silahkan disimak beberapa penjelasan dibawah ini agar dapat mengenali dari ke lima program jahat ini.

Virus Detected Ilustration
  1. Virus komputer adalah Malware yang menginfeksi sebuah komputer dengan bantuan pihak ketiga untuk mengaktifkan/ menjalankan dirinya – biasanya pemilik komputer itu sendiri. Virus tidak bisa otomatis mengaktifkan dirinya sendiri dan menginfeksi sebuah komputer tapi harus ada tindakan dari pihak ketiga yaitu pengguna komputer. Biasanya virus dibuat seperti program lain yang sering digunakan oleh pemilik komputer sehingga pemilik komputer itu mau mengaktifkan virus tersebut. Beberapa program komputer yang sering ditiru oleh virus adalah program .JPG, .doc, atau folder yang yang bila diklik akan mengaktifkan si virus.

  2. Malware adalah sebuah software atau kode yang diciptakan oleh seseorang dengan tujuan jahat. Sebenarnya Malware itu adalah sebuah software atau program komputer, namun Malware dibuat dengan tujuan untuk merugikan orang lain. Malware dapat mengubah data (menghapus, menyembunyikan, dan mencuri), menghabiskan bandwith dan juga sumber daya lain tanpa seijin pemilik komputer yang tentunya akan merugikan orang lain.

  3. Spyware adalah program komputer yang dibuat untuk memata-matai komputer korbannya. Awalnya spyware ini digunakan untuk memata-matai profil pengguna komputer dan penggunaannya dalam menampilkan iklan yang sesuai dengan minat pengguna komputer tersebut.

  4. Trojan horse atau Kuda Troya atau yang lebih dikenal sebagai Trojan dalam keamanan komputer merujuk kepada sebuah perangkat lunak berbahaya yang dapat merusak sebuah sistem atau jaringan. Tujuan dari Trojan adalah memperoleh informasi dari target (password, kebiasaan user yang tercatat dalam system log, data, dan lain-lain), dan mengendalikan target (memperoleh hak akses pada target).

  5. Worm bisa juga disebut dengan Cacing komputer dalam keamanan komputer, adalah sebuah program komputer yang dapat menggandakan dirinya secara sendiri dalam sistem komputer. Sebuah worm dapat menggandakan dirinya dengan memanfaatkan jaringan (LAN/WAN/Internet) tanpa perlu campur tangan dari user itu sendiri. Worm tidak seperti virus komputer biasa, yang menggandakan dirinya dengan cara menyisipkan program dirinya pada program yang ada dalam komputer tersebut, tetapi worm memanfaatkan celah keamanaan yang memang terbuka atau lebih dikenal dengan sebutan vulnerability. Beberapa worm juga menghabiskan bandwidth yang tersedia. Worm merupakan evolusi dari virus komputer. Hanya ada satu cara untuk mengatasi worm yaitu dengan menutup celah keamanan yang terbuka tersebut, dengan cara meng-update patch atau Service Pack dari operating sistem yang digunakan dengan patch atau Service Pack yang paling terbaru.

Dari penjelasan diatas memang terdengar seperti biasa-biasa saja , tapi lain ceritanya klo sudah terserang salah satu dari mereka, terlebih jika pekerjaan kita sangat bergantung kepada komputer, selain harus melakukan pekerjaan yang tidak bisa ditunda disaat yang sama komputer tidak bisa digunakan, belum lagi terdapat berkas-berkas yang sangat penting didalamnya.
Dengan berbekal Anti Virus lindungi komputer dan data penting kamu dari serangan virus, karena bagaimanapun mencegah lebih baik dari pada mengobati, dan dengan artikel ini semoga dapat membantu teman-teman Ymobile4 agar lebih berhati hati dalam mengelola sebuah berkas yang baru di dapat baik melalui media flask disk ataupun mendownloadnya dari internet. Saya admin Seven, terimakasih atas kunjungannya sampai jumpa di lain kesempatan.
Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon