Cara Mencegah Komputer Terserang Virus

Hallo teman-teman ketemu lagi dengan Ymobile4, pada artikel sebelumnya saya sudah membahas Perbedaan Virus, Malware, Spyware, Trojan, dan Worm, melanjutkan artikel tersebut kali ini saya ingin berbagi sebuah tips agar komputer kesayangan kamu tidak terinfeksi oleh si program jahat yaitu virus, selain virus masih ada 4 program lainnya seperti yang sudah disebutkan diatas, namun dalam hal ini mereka tetaplah sebuah program yang tidak bersahabat untuk komputer.

Pernah kah kamu mengalami sebuah pengalaman pahit dengan virus? ketika pekerjaan sedang di kejar oleh waktu, di saat yang sama komputer untuk bekerjapun terinfeksi oleh sebuah virus, hal ini  akan menghambat pekerjaan dan tentunya akan memakan waktu lebih banyak dari pada target yang telah di tentukan, semua dokument tidak bisa di buka karena file tersebut sudah di manipulasi oleh virus, dan program-program untuk bekerja pun tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya. hal seperti ini  tidak perlu kita alami jika kita berhati hati dalam mengolah sumber data yang masuk ke dalam komputer, secara sederhana Virus dibagi menjadi 5 bagian, untuk mengenal lebih jauh lagi dari ke-5 jenis tersebut kamu bisa membuka artikel sebelumnya mengenai Perbedaan Virus, Malware, Spyware, Trojan, dan Worm. Dibawah ini adalah langkah bagai mana cara mencegah sebuah virus menginfeksi komputer kesayangan kamu.

Pengertian Virus Komputer

Virus komputer adalah Malware yang menginfeksi sebuah komputer dengan bantuan pihak ketiga untuk mengaktifkan/ menjalankan dirinya – biasanya pemilik komputer itu sendiri. Virus tidak bisa otomatis mengaktifkan dirinya sendiri dan menginfeksi sebuah komputer tapi harus ada tindakan dari pihak ketiga yaitu pengguna komputer. Biasanya virus dibuat seperti program lain yang sering digunakan oleh pemilik komputer sehingga pemilik komputer itu mau mengaktifkan virus tersebut. Beberapa program komputer yang sering ditiru oleh virus adalah program .JPG, .doc, atau folder yang yang bila diklik akan mengaktifkan si virus.

Ymobile4 Virus Ilustrasi
Ymobile4 Ilustrasi Virus

Cara Mencegah Komputer Terserang Virus

Ada baiknya kamu melakukan langkah pengamanan sejak dini sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi pada komputer kesayangan kamu, dengan melakukan beberapa tips dibawah ini akan membantu kamu mencegah kemungkinan dari serangan program jahat tersebut.
  • Lengkapi komputer dengan Anti Virus, dengan adanya anti virus komputer kamu akan selalu melakukan pengawasan terhadap setiap berkas yang kamu kelola, ia akan selalu melakukan scanning ketika kamu membuka sebuah folder dan file yang berada di dalam komputer maupun di dalam flask disk, jika terdeteksi sebuah program jahat, anti virus akan bergerak secara langsung dan memberi tahukan bahwa file yang akan kamu akses mengandung virus.
  • Full Scan, lakukan langkah Full Scan pada komputer yang baru terinstal anti virus, karena anti virus tidak selalu melakukan scanning pada semua direktori yang dimana terdapat sebuah data di dalamnya, untuk langkah selanjutnya kamu hanya perlu melakukan scanning dalam kurun waktu per 1 bulan sekali, hal ini tentunya berpengaruh jika kamu selalu menyimpan program baru ke dalam komputer.
  • Up Date Anti Virus, selalu periksa pembaharuan anti virus yang kamu gunakan secara rutin, usahakan agar selalu up date setiap kali terdapat pembaharuan baru, dengan langkah ini maka anti virus tersebut akan dapat mengenali jenis-jenis virus yang baru.
  • Computer Protection, jangan pernah men-Disable Protection saat kamu akan menghubungkan sebuah flask disk yang sebelumnya di gunakan pada komputer orang  lain, kamu tidak pernah tahu komputer tersebut aman atau tidaknya dari serangan virus , jika memang komputer tersebut terserang virus besar kemungkinan flask disk tersebut membawa oleh-oleh virus yang akan di hadiahkan kepada kamu, maka dari itu sangat di sarankan agar anti virus kamu selalu berada pada Mode Enable Protection sebelum memasang Flask Disk pada komputer.
  • Internet Protection, selalu aktifkan mode internet protection saat kamu mejelajah dunia internet, pada sebuah website terkadang menggunakan sebuah script code yang akan tersimpan pada history yang mungkin akan membahayakan komputer, selain itu metode ini akan mengingatkan kamu jika website yang kamu kunjungi tidak aman. 
  • Original Software, selalu gunakan program asli dari developer, baik program free maupun ber lisensi usahakan mendapatkan program original dari CD Installer dan dari Website resminya.
  • Situs Terlarang, jangan pernah mengunjungi situs atau website terlarang seperti konten dewasa, dan konten yang tidak baik lainnya, 
  • Scan Berkas Baru, setiap kali mendapatkan sebuah file atau dokument baru usahakan menscan terlebih dahulu file tersebut sebelum menyimpannya pada direktori atau partisi data bersama data lainnya.
  • Gunakan Anti virus yang sudah di akui kemampuanya, jika ingin menggunakan anvirus bersifat free usahakan mendapatkan dari website resminya,
Dari beberapa tips diatas bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, mengingat pentingnya sebuah berkas-berkas berharga yang sudah kamu simpan sebelumnya agar tetap dapat digunakan saat dibutuhkan nanti. Selain jenis, virus juga mempunya kemampuan yang berbeda-beda, dalam hal ini terdapat sebuah virus yang dapat membuat dokument kamu hilang entah kemana dan berubah mejadi sebuah file baru yang menyerupai dokument milik kamu sendiri.

Untuk  perlindungan komputer sesuaikan juga dengan spesifikasi komputer yang kamu gunakan, jangan menggunakan antivirus yang berlebihan pada komputer dengan spesifikasi rendah, cukup gunakan 1 (satu) anti virus saja, tentunya yang sudah ternama dan terbukti melindungi komputer. Jika kamu tertarik menggunakan anti virus berlisensi original kamu dapat membelinya di toko komputer dan website resmi pada setiap pengembangnya. dengan ini saya harap dapat membantu agar komputer kamu tetap bersih dan terawat. Terimkasih atas perhatianya saya Seven Jon mengucapkan sampai jumpa lagi di lain kesempatan.

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon