Pengertian Komputer

Ymobile4 : Dimasa sekarang ini komputer sudah banyak dikenal oleh semua kalangan, pengenalan komputer kini sudah dimulai dari sekolah tingkat Dasar (SD) dan Menengah Pertama(SMP), mengingat perkembangan teknologi yang semakin maju, maka siswa dibekali pengetahuan yang cukup tentang komputer agar mampu mengoprasikan perangkat ini dikemudian hari.
 Komponen Komputer

karena umumnya saat ini komputer sudah menjadi kebutuhan rutinitas dalam bekerja maupun untuk bidang pengetahuan, dalam contoh kecil sebuah pekerjaan yang membutuhkan komputer ialah cetak undangan, untuk mendesain undangan agar gambar tampilan dan ukuran bisa dibuat sedemikian rupa dibutuhkan komputer yang dilengkapi dengan software pendukungnya seperti Corel Draw, Photoshop dan Editing lainnya, begitu juga untuk membuat spanduk dan sablon, digunakan komputer untuk mengatur gambar sesuai keinginan.

Dalam bidang perdagangan sebuah toko waralaba sangat membutuhkan komputer untuk menghitung jumlah harga pada setiap transaksi, selain itu komputer tersebut juga dapat menyimpan jumlah barang yang tersedia dan barang yang telah terjual. Dan dalam bidang perkantoran komputer digunakan untuk melakukan banyak pekerjaan seperti menyimpan data perusahaan, persentasi bahkan pemasaran. Untuk mengenal lebih dalam tentang komputer akan saya uraikan secara satu persatu mengenai komputer dan bagian-bagian komputer.

Pengertian Komputer.

Komputer adalah sebuah perangkat elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang berfungsi sebagai alat hitung dan pengolah data sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan dan berjalan sesuai dengan perintah yang diberikan. Definisi komputer beberapa kali mengalami perubahan mengikuti perkembangan komputer dari waktu ke waktu yang semakin canggih. Kata komputer berasal dari bahasa Yunani yaitu Computare yang berarti menghitung atau menggabungkan pemikiran secara bersamaan. kata Com memiliki arti menggabungkan dan putare memiliki arti memikirkan perhitungan.

Beberapa Ahli komputer mendefinikan komputer secara berbeda di antaranya adalah Robert H. Blissmer, V.C. Hamacher et al, Elias M. Awad, Donal H. Sanderes, Larry Long & Nancy Long, Williams, Sawyer, William M. Fuori. Meraka mendefinisikan komputer secara berbeda karna pada saat itu komputer masih mengalami perkembangan, namun inti dan fungsi dari definisi tersebut adalah sama.

Jenis-jenis Komponen Komputer.

Komputer merupakan sebuah perangkat yang terdiri dari beberapa komponen dimana masing-masing komponen tersebut memiliki fungsi tersendiri yang saling berhubungan satu sama lain, komputer yang banyak digunakan sekarang ini adalah jenis PC atau kependekan dari Personal Computer, computer jenis inilah yang sering kita gunakan sehari-hari. Selain di desain untuk perorangan komputer jenis PC dapat digunakan juga untuk melakukan sebuah pekerjaan sehari-hari seperti contoh yang sudah dijelaskan diatas. dan berikut ini adalah bagian-bagian dari komponen dan fungsinya.

Prosesor.
Prosesor atau disebut juga CPU (Central Processing Unit) adalah sebuah komponen pada komputer yang merupakan sebagai otak utama yang menerima sebuah perintah dan memprosesnya dengan bekerja sama dengan perangkat komputer lainnya, Sebuah prosesor memiliki ukuran volume yang sangat kecil dengan kisaran 37.5mm x 37.5mm. Volume ini terbilang lebih kecil dibandingkan prosesor dimasa sebelumnya. Sampai artikel ini ditulis terdapat banyak jenis prosesor komputer yang beredar dipasaran Antara lain Intel Celeron, Intel Pentium, Intel Dual Core, Intel Core 2 Duo, Intel i3, i5, i7 yang di produksi oleh Intel, sementara itu AMD juga memproduksi Prosesor yang sangat bervariasi seperti AMD Athlon, MD Sempron, AMD Opteron, AMD Phenom, AMD APU, AMD Cadiz, AMD Bulldozer, AMD Turion, AMD Orochi, AMD Ryzen. Dan masih banyak lagi produk AMD yang lainnya.
Prosesor
Memory.
Memory atau biasa juga disebut dengan RAM (Random Access Memory) merupakan sebuah komponen komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory ini bekerja dengan cara menyimpan dan menyuplai data-data yg dibutuhkan oleh Prosesor dengan cepat untuk diolah menjadi sebuah data informasi maupun perintah. Ram mempunyai bentuk seperti penggaris dan memiliki mata slot disetiap kaki-kakinya dimana kaki tersebut berfungsi sebagai tempat penghubung antara RAM dan Motherboard, Sama Halnya dengan prosesor RAM-pun memiliki banyak jenis dan varian mengikuti perkembangan teknologi seperti DRAM, SRAM, EDORAM, SDRAM, RDRAM, NV-RAM, dan DDR SDRAM.
Memory
Motherboard.
Motherboard atau bisa juga disebut dengan mainboard, systemboard, logic board, baseboard atau mobo merupakan sebuah Printed Circuit oard (PCB) yang bertindak sebagai papan utama pada sebuah komputer, karena motherboard dapat membagi konektivitas elektrik sehingga semua perangkat komputer dapat terhubung dan berfungsi satu sama lain, perangkat yang satu ini adalah tempat utama untuk menghubungkan semua perangkat antara lain, Prosesor, RAM, Hard Disk, VGA Card, dan Power Suply.
Motherboard
Hardisk.
Hard Disk adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data pada komputer. Hard Disk pada komputer memiliki ukuran 3,5 inci, lebar 4 inci, dan tebal 0,8 inci namun ukuran ini berbeda daripada Hard Disk yang terdapat pada leptop yang memiki ukuran lebih kecil yaitu 2,8 inci dan panjang 4 inci dengan ketebalan 0,4 inci, walaupun berbeda namun fungsi dan cara kerjanya sama, hanya saja Hard Disk Komputer disambungkan oleh kabel Data diantara Hard Disk dan Motherboard. 
Hardisk
tidak seperti RAM, Hard Disk hanya memiliki sedikit jenis dari masa ke masa, contoh jenis Hard Disk tersebut adalah Hard Disk ATA / EIDE, Hard Disk SCSI, Hard Disk RAID, Hard Disk SATA, Hard Disk SSD, Selain itu perbedaan yang sangat segnifikan tidak begitu jauh dari jenis ke jenis lainnya, Hard Disk memiliki kapasitas penyimpanan dalam satuan GB yang berbeda beda antara lain 30GB, 60GB, 80GB, 120GB, 160GB, 250GB, 320GB, 500GB, 1TB dan sampai saat ini yang paling besar adalah 2TB.

VGA Card.
VGA Card atau kependekan dari Virtual Graphics Array dikenal juga sebagai video card, video adapter, display card, display card, graphics card, atau display adapter. Fungsi dari komponen ini adalah sebagai pengolah gambar yang akan di kirim dan ditampilkan oleh perangkat monitor, Tidak seperti perangkat lainnya yang selalu terpisah, perangkat ini ada juga yang menyatu dalam motherboard yang artinya Motherbord tersebut sudah memiliki fungsi pengolahan gambar (VGA On Board) tampa perlu perangkat tambahan VGA Card (Add On), namun kualitas gambar yang dihasilkan tidak sebagus VGA Card yang memang perankat ini dirancang khusus untuk mengolah gambar terutama dalam vidio game yang bergrafik tinggi.
VGA Card
DVD-Rom.
Perangkat ini berfungsi sebagai media menulis dan membaca pada sebuah piranti CD/DVD, selain digunakan untuk media menyimpan data ke dalam CD/DVD, media ini juga dapat membaca data berupa Program, Film, Lagu, Poto dan data lainnya yang berformat digital didalam CD/DVD yang sudah terisi didalamnya.
DVD-Rom
Casing.
Casing merupakan suatu rangka yang dibuat untuk menyimpan perangkat komputer didalamnya, selain berfungsi untuk tempat penyimpanan perangkat casing juga berfungsi melindungi komponen-komponen komputer yang rentan terhadap serangan debu dan air, Komponen ini biasanya memiliki bentuk yang sangat menarik dengan dihiasi lampu berwarna warni casing juga menjadi daya tarik tersendiri bagi seorang pecinta komputer ataupun gamer. Didalam sebuah Casing terdapat Fan atau kipas yang berfungsi mengatur udara masuk dan keluar untuk menjaga suhu didalamnya tetap dingin, karna jika terjadi panas yang berlebihan pada komputer yang bekerja extra akan terjadi gangguan macet tidak bisa dioprasikan, tersendat, maupun mati tiba tida dan akan bisa berjalan normal kembali setelah suhu komponen CPU normal kembali dalam arti tidak kepanasan atau over heat, selain itu casing merupakan perangkat yang dapat dibongkar dan dipasang dengan mudah dengan tujuan agar kita dapat memasang atau mengganti perangkat yang ada didalamnya tanpa perlu keahlian khusus.
Casing
Power Supplay.
Power Supplay merupakan komponen yang berfungsi sebagai penyuplai tegangan / aliran listrik secara langsung kepada perangkat yang terpasang pada komputer seperti Motherboard, Hard Disk, DVD-Rom, Fan. Input power supply berupa arus bolak-balik (AC) sehingga power supply harus mengubah tegangan AC menjadi DC (arus searah), karena hardware komputer hanya dapat beroperasi dengan arus DC.
Power Supplay
Perangkat ini biasanya terdapat dalam satu paket dengan casing namun ada juga yang dijual terpisah dengan kemampuan daya yang berbeda beda. Power Supplay dibagi menjadi 2 bagian yaitu AT dan ATX.

Monitor.
Monitor adalah komponen yang digunakan sebagai output pengolahan data yang ditampilkan dalam bentuk grafis atau gambar agar pengguna tahu apa yang sedang dioprasikannya, monitor umumnya sering disebut juga sebagai layar komputer dengan beberapa model yaitu Monitor CRT, Monitor LCD, Monitor PDP, Monitor LED. Dan Monitor pun memiliki ukuran dan merk yang beragam.
Monitor
Keyboard dan Mouse.
Perangkat ini termasuk dalam bagian perangkat input yang berfungsi sebagai media pemberi perintah kepada CPU, didalam keyboard terdapat 104 tombol bahkan lebih, tergantung dari merk dan jenis keyboard itu sendiri, namun umunya keyboard yang banyak digunakan adalah keyboard dengan jumlah 104 tombol, dengan gabungan huruf dan angka serta tombol lainnya.
Keyboard dan Mouse
Sementara itu mouse berfungsi untuk mengatur pergerakan kursor secara cepat, selain itu juga mouse memiliki fungsi untuk memberikan perintah perintah hanya dengan menekan tombol pada mouse. Mouse saat ini banyak beredar dengan menggunakan optik untuk media penggeraknya, tidak seperti mouse bola scroll, mouse optik cenderung lebih nyaman untuk digunakan.
Kedua perangkat ini saat ini sudah menggunakan media USB sebagai media penghubung dengan Motherboard, namun bukan berarti mouse dan keyboard berjenis PS2 sudah tidak dijual dipasaran.

Sahabat Ymobile4, sebenarnya pembahasan tentang komputer memiliki cakupan yang sangat luas. untuk saat ini saya hanya bisa memberikan pengetahuan saya tentang Pengertian Komputer melalui artikel ini, mengingat banyaknya jumlah komponen dan jenis-jenis yang terus berganti seiring berjalannya kemajuan teknologi, maka diartikel berikutnya saya akan mengulas dari masing-masing komponen tersebut. Saya ucapkan banyak-banyak terimakasih kepada sahabat setia Ymobile4 yang selalu menyempatkan waktunya untuk berkunjung ke Blog sederhana ini. semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan terimakasih atas kunjungannya

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon